Sabtu, 20 Agustus 2016

Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis Gurih Dan Renyah Sederhana

Resep kue biji ketapang renyah - Hallo sobat pecinta kue Indonesia,banyak sekali kue yg udah admin bagikan disini terdiri dari resep kue kering lebaran,resep kue basah,dan lain sebagainya.Namun ada salah satu kue yang menjadi kesukaan saya ketika lebaran tiba, yaitu kue biji ketapang manis dan mempunyai tekstur yg renyah sekali.Akan tetapi apakah anda mengetahui apa itu kue biji ketapang dan bagaimana tips membuatnya.Pada saya waktu kecil,sering sekali admin membeli kue ini sebagai cemilan namun sekarang tidak pernah membeli melainkan membuatnya sendiri di dapur kesayangan saya.

Sebelum kita membahas tentang cara membuat kue biji ketapang gurih dan renyah alangkah baiknya untuk anda yg belum tahu tentang kue ini akan saya berikan penjelasan sobat.Kue biji ketapang merupakan kue kering yang bentuknya mirip dengan buah ketapang,namun selain itu juga bentuknya hampir mirip dengan buah kemiri yg dijadikan bumbu masakan dapur.Disebut dengan kue biji ketapang karena kemiripannya dengan buah tersebut.Biji atau buah ketapang banyak anda jumpai disekitar pantai,disana anda akan tahu jelas bagaimana bentuk buah tersebut.Tetapi tidak semua pantai terdapat pohon ketapang sobat,lebih tepatnya banyak terdapat pada daerah kepulauan.

Selain saya membicarakan tentang buah ketapang,saya juga menyebutkan adanya kemiripan dengan biji kemiri.Benar sekali sobat,jadi bentuknya itu bisa berbentuk dua buah yg hampir saya yaitu ketapang dan kemiri.Jadi jika anda ingin menyebut pembahasan kita dengan resep kue kering kemiri ya silahkan,tidak masalah karena kue ini sama bentuknya.Utk resep kue biji ketapang renyah ini sebenarnya banyak sobat,ada variasi asin dan manis.Saat ini kita akan membahas tentang jenis manisnya.Baiklah tanpa memperpanjang lagi berikut cara membuat kue biji ketapang manis spesial utk sajian lebaran nanti.

 Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis Gurih Dan Renyah Sederhana


Kue biji ketapang manis yg empuk dan renyah

Bahan Kue Biji Ketapang
  • 350 gram tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram margarin,cairkan
  • 100 ml santan kelapa kental
  • 100 gram kelapa parur,sangrai
  • 100 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis
  1. Campur margarin,gula pasir,dan telur.Kocok menggunakan wisk sampai tercampur rata dan gula menjadi hancur
  2. Campurkan tepung terigu dan kelapa parut yg telah disangrai kedalam adonan diatas,aduk kembali hingga tercampur rata sambil menuangkan santan kedalam adonan secara perlahan.
  3. Ambil adonan secukupnya,gulung adonan hingga berbentuk silinder atau tabung yg mempunyai garis pada tengahnya.Iris miring dengan ketebalan sesuai selera,lalukan hingga adonan habis
  4. Siapkan dan panaskan minyak dipenggorengan,goreng adonan kue sampai matang kira-kira berwarna kuning kecokelatan.Sekarang,angkat dan tiriskan lalu masukkan kedalam toples,sajikan.

Demikian resep kue biji ketapang yg renyah khas betawi spesial utk sajian lebaran anda sobat,selain utk sajian lebaran anda juga bisa membuatnya pada hari-hari biasa sebagai cemilan anda ketika menonton televisi ataupun berkumpul bersama keluarga tercinta. Sekarang saatnya anda membagikan resep ini kepada teman-teman kita yang lainnya melalui sosial media yang anda miliki.Tujuannya gampang kok sobat,agar teman kitapun bisa mencoba membuatnya bersama kita disini.Cukup sekian dulu resep yg admin dokumentasikan,semoga bermanfaat dan salam pecinta kue indonesia.