Sabtu, 29 Oktober 2016

Manfaat tepung terigu dan telur dalam pembuatan roti dan kue

Dalam memilih bahan yg digunakan utk membuat roti atau kue sangat menentukan kualiatas roti atau kue.Karena itu ketika belanja kita harus dapat menentukan bahan baku yg tepat. Bahan yg tepat itu seperti apa? Berikut penjelasannya.

http://resepabu.blogspot.com/2016/10/manfaat-tepung-terigu-dan-telur-dalam.html

A. Tepung terigu
Tepung terigu merupakan bahan yg utama dalam pembuatan roti atau kue.Tepung terigu dibuat dari gandum (triticum vulgare dan triticumaestivum).protein (gliadin dan gluetenin).

Dipasaran terdapat tiga jenis tepung
  1. Hard flour (tepung terigu protein tinggi) mengandung protein 11-13%. Tepung jenis ini khusus utk membuat roti manis, roti tawar, donut/donat, croissant, puff pastry dan bak pau. Contoh ; tepung terigu cakra, kereta kencana, dan cap gunung.
  2. Medium flour atau multipurpose (tepung terigu protein sedang) mengandung protein 10-11%. Tepung terigu protein sedang cocok utk cake, biskuit dan mi. Contoh ; segitiga, gunung bromo dan cap kompas.
  3. Soft flour (tepung terigu protein rendah) mengandung protein 8-10%. Tepung terigu ini cocok utk membuat cake, biskuit dan kue kering. Contoh ; cap kunci, roda biru, lencana merah dan gatot kaca.

Tip menyimpan tepung terigu yg benar
  • Simpan dalam wadah kedap udara setelah plastik kemasan dibuka.
  • Simpan dalam ruangan yg sejuk dan berfentilasi.
  • Jika membeli dalam kemasan karung, alasi bagian bawah dengan papan atau penyangga.
  • Hindari dari sinar matahari secara langsung
  • Hindari dari bahan yg berbau tajam karena sifat telur dapat menghisap bau - bauan lain.
  • Hindari dari kotoran serangga.

B. Telur
Telur merupakan bahan baku yg sangat berpengaruh pada hasil akhir adonan roti atau kue.Fungsi telur terhadap adonan dapat menambah nilai gizi,menguatkan rasa, membantu proses pengembangan produk,memperlunak,dan memperbaiki tekstur remah dalam adonan, serta memperbaiki kulit adonan roti.

Kuning telur mengandung lesitin yg berfungsi sebagai emulsilfer yg membuat roti menjadi empuk. Berikut pengaruh bagian telur pada roti atau kue.
Putih telur:akan mempengaruhi volume adonan yg membesar karena dalam adonan terdapat gelembung udara yg besar dan tak beraturan.Akibatnya,adonan akan cepat turun karena jaringan terlalu lemah.
Kuning telur:akan memoengarui volume adonan lebih kecil karena dalam kuning telur terdapat gelembung udara yg halus sehingga jaringan menjadi kuat tidak mudah turun.
Telur utuh:akan mempengaruhi adonan bervolume sedang.Jaringan tidak terlalu lemah atau kuat sehingga dalam proses oembuatan adonan menjadi lebih sempurna.
Baca Juga:Resep Sayur Asem Khas Sunda
Utk mengetahui dan mengenal lebih jauh mengenai bahan kue yg lain silahkan lihat disini manfaat garam dan gula dalam pembuatan roti.Semoga dapat membawa manfaat,sedikit pengetahuan tentang tepung terigu dan telur yg telah saya bagikan kepada Anda.