Kamis, 20 Oktober 2016

Resep Kue Pelangi Lapis Mini

Nama kue lapis tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga anda.Rasa dan aromanya yg harum membuat cemilan yg satu ini pas disantap saat berkumpul atau sedang santai menikmati hari libur kerja.

Seiring berkembangnya kreasi dan inovasi resep-resep makanan,kue lapis kini hadir dengan tampilan lebih menarik dengan aroma pandan yg khas dan tetap enakt tentunya. Tampilan tersebut ditonjolkan pada tekstur warna yg mencolok nan indah seperti pelangi sehingga dinamakan kue lapis pelangi.

http://resepabu.blogspot.com/2016/10/resep-kue-pelangi-lapis-mini.html


Bahan-bahan Kue : 
  • 10 butir telur ayam (putih dan kuning) 
  • 6 butir telur ayam (kuning saja) 
  • 300 gram gula pasir 
  • 200 gram mentega 
  • 225 gram tepung terigu (diayak) 
  • 3 sendok teh ovalet 
  • 1 sendok teh vanili 
  • beberapa pewarna makanan (biru,merah,kuning,hijau,orange,ungu) 

Bahan-Bahan Lapisan Krim : 
  • 150 gram mentega 
  • 100 gram gula halus 
  • 2 sendok teh kulit jeruk sunkist (diparut lebih dulu) 
  • 1 sendok makan air jeruk sunkist 

Persiapan : Lelehkan 200 gram mentega hingga mencair. 

Cara Membuat Kuenya : 

1. Campurkan 10 butir telur,6 butir kuning telur,300 gram gula,vanili,dan ovalet.Kocok dalam mixer dengan kecepatan tinggi,hingga berubah menjadi warna putih dan mengembang. 

2. Masukkan tepung yg sudah di ayak secara merata.Tepung dimasukkan secara bertahap sedikit-demi sedikit. Pastikan tidak ada tepung yg menggumpal. 

3. Masukkan 200 gram mentega yg sudah dilelehkan,kemudian aduk perlahan. 

4. Tuang adonan pada 6 tempat secara terpisah. 

5. Beri warna pada masing-masing loyang dengan pewarna biru,merah,kuning,hijau, orange, dan ungu, kemudian aduk rata. 

6. Tuangkan adonan pada 6 loyang yg terpisah,berukuran 12 cm x 20 cm x 5 cm.Pastikan Anda telah mengolesi margarin terlebih dahulu pada bagian dalam loyang. 

7. Panggang adonan pada suhu 170 derajat celcius.Tunggu sampai sekitar 20 menit hingga adonan menjadi mengembang dan matang. Jika Anda belum tau cara memastikan apakan kue Anda sudah matang atau belum,Anda dapat mengecek dengan menggunakan tusuk gigi bersih, dan ditusukkan pada kue.Angkat tusuk gigi tersebut,dan rasakan apakah pada bagian tusuk gigi tadi masih terdapat adonan berupa cair,atau sudah menjadi bentuk kue. 

8. Setelah matang,angkat kue dan dinginkan.  

Cara Membuat Krim Lapisan Layer :

1.Campurkan 150 gram mentega,100 gram gula halus,2 sendok teh parutan kulit jeruk sunkist,dan 1 sendok makan air jeruk sunkist.

2. Kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi sekitar 15 menit,hingga halus dan lembut.

Penyelesaian Akhir :

1.Olesi masing-masing permukaan kue dengan krim lapisan layer.

2.Tumpuk kue secara berurutan,dimulai dari kue berwarna ungu,biru,hijau,kuning,orange, dan merah.

3. Kue siap untuk disajikan dan dipotong.

Tips Penutup Layer Atas :

Anda dapat menggunakan berbagai macam variasi untuk dijadikan bentuk penutup pada bagian layer atas. Seperti mengolesi dengan krim lapisan layer,kemudian ditambah dengan cookies warna warni,atau bisa juga dengan menggunakan permen kenyal kecil sebagai variasi.
Baca Juga:Resep Kue Muffin Choco Chips

Bisa juga ditambahkan dengan menggunakan warna krim layer yg tersisa,dan diukir menggunakan alat penghias sesuai dengan selera imajinasi yg Anda suka.Jenis buah-buahan seperti potongan jeruk sunkist,cherry,bluberi,stroberi,juga bisa dijadikan pilihan sebagai ornamen yg cantik.Anda bebas untuk berkreasi sesuai yg Anda mau,untuk menciptakan keindahan kue milik Anda sendiri.